21 Jul 2017

Asimetri Informasi dalam PERCINTAAN


Catatankita.com - J O M B L O : Tapi tahukah kamu asal usul kata jomblo itu sendiri? Bila didefinisikan berdasarkan pengertian anak muda zaman sekarang, maka jomblo adalah bahasa percakapan yang digunakan untuk menyebut orang yang tidak memiliki pasangan atau kekasih. Tapi tahukah kamu asal usul kata jomblo itu sendiri? Bila didefinisikan berdasarkan pengertian anak muda zaman sekarang, maka jomblo adalah bahasa percakapan yang digunakan untuk menyebut orang yang tidak memiliki pasangan atau kekasih. Tapi tahukah kamu kata jomblo tidak ditemukan di Kamus Besar Bahasa Indonesia, karena ternyata kata jomblo berasal dari kata jomlo. Apa sih jomlo itu? Ternyata kata tersebut berasal dari bahasa Sunda yang sudah dibakukan ke dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia dan memiliki arti negatif dari gadis tua. Kata ini digunakan untuk menyebut perempuan yang sudah tua namun belum menikah atau memiliki pasangan.

Dan kenapa kamu dan kamu sering JOMBLO alias kagak laku-laku seperti lagunya waliband, yuk nyanyi dulu...



Apa salahku apa salah ibuku
Hidupku di rundung pilu
Tak ada yang mau
Dan menginginkan aku
Tuk jadi pengobat pilu
Tuk jadi penawar rindu
Tuk jadi kekasih hatiku
Timur ke barat selatan ke utara
Tak juga aku berjumpa
Dari musim duren hingga musim rambutan
Tak kunjung aku dapatkan
Tak jua aku temukan
Oh Tuhan inikah cobaan
Ibu-ibu bapak-bapak
Siapa yang punya anak
Bilang aku aku yang tengah malu
Sama teman-temankuKarna cuma diriku yang tak laku-laku
Pengumuman-pengumuman
Siapa yang mau bantu
Tolong aku kasihani aku
Tolong carikan diriku kekasih hatiku
Siapa yang mau

langsung saja, mungkin ini penyebabnya kamu masih jomblo dan kamu masih sendiri dan khususnya lagi yang lagi baca catatankita.com yang cantik dan ganteng :

  • Mempunyai standar dan ekspektasi yang tinggi terhadap seseorang adalah hal yang baik
Akan tetapi kamu akan merasakan sendiri dampak buruk jika kamu nmenggunakan standar yang terlalu tinggi dalam waktu yang panjang. Sadari bahwa setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Tidak ada individu yang sempurna di dunia ini. Oleh karena itu, luangkan waktu untuk merenungkan apakah selama ini kamu jomblo karena menggunakan standar yang terlalu tinggi atau tidak realistis untuk menilai seseorang.
  • Terlalu asik dengan dunia kamu sendiri 
Penyebab jomblo terlalu lama yang berikutnya masih berkaitan dengan kepribadian kamu sendiri, yaitu kamu mungkin terlalu asik dengan dunia kamu sendiri atau terobsesi dengan sesuatu yang menjadikan kamu jauh dengan orang lain. Dalam kondisi seperti ini akan sangat sulit buat orang lain untuk melakukan PDKT ke kamu, karena fokus yang ada di dalam pikiran hanyalah diri sendiri.
Cara mengatasinya adalah dengan belajar untuk menjadi terbuka dan lakukan hal-hal yang menyenangkan dengan orang-orang di sekitar kamu. Selalu ingat bahwa ada banyak hal menyenangkan yang bisa kamu lakukan dengan orang lain.

  • Kamu ingin selalu dekat dengan si dia
Sering putus nyambung dalam membina relationship? Mungkin ini jawaban buat kamu!
Setiap orang kadang-kadang membutuhkan quality time untuk di nikmati sendiri atau dengan orang lain misalnya dengan sahabat, saudara, keluarga dan sebagainya. Quality time ini tidak seharusnya di monopoli oleh pasangannya sendiri.
Oleh sebab itu jika kamu merasakan relationship yang putus nyambung sebaiknya kamu melakukan koreksi terhadap diri sendiri. Apakah kamu merasa ingin selalu dekat dengan si dia sampai-sampai si dia merasa kurang nyaman? Jika iya, maka sudah saatnya kamu belajar untuk memberikan orang lain quality time untuk mereka nikmati.

  • Kamu nggak tertarik menjalin relationship
Ada lagi penyebab jomblo terlalu lama dan akut, yaitu ketidaksiapan untuk menjalin relationship. Kamu mungkin sadar bahwa kamu terlalu lama menjomblo karena kamu tidak tertarik untuk seriusan dengan orang lain. Kamu lebih menikmati kesendirian dan status jomblo karena kamu tidak mau berurusan dengan relationship yang lebih intensif dan melibatkan emosi.
Bagi kamu, kebebasan adalah hal yang paling utama untuk di miliki dan di nikmati.

  • Males untuk berkomitmen lebih jauh
Jika kamu sudah berlarut-larut dalam menikmati kebebasan dan kesendirian, maka secara otomatis kamu akan semakin males untuk berkomitmen dengan orang lain.
Kamu mungkin memiliki persepsi bahwa komitmen akan menjadikan kamu seseorang yang sulit untuk mandiri atau komitmen akan menjadi pengekang segala kebebasan yang kamu miliki.

  • Belum sepenuhnya move on
Susah melupakan mantan? salah satu penyebab jomblo terlalu lama yang sering di dapati!
Kamu belum bisa move on secara serius. Setiap melihat mantan, bawaannya pengen mewek padahal si mantan udah punya gebetan baru. Orang lain akan sungkan untuk mendekati kamu karena pikiran kamu masih belum bisa clear terhadap mantan kamu yang udah lewat.

  • Putus asa
Tidak ada jomblo yang paling ngenes, selain jomblo yang putus asa dan kehilangan semangat.
Saat kamu putus asa, maka kamu akan kehilangan energi positif yang bisa membantu kamu untuk lebih bersemangat dalam mengejar kebahagiaan.
Usir perasaan putus asa seperti ini dengan cara memperbanyak berinteraksi dengan orang-orang yang berpikiran positif. You are deserve to be happy!

  • Kamu mungkin kebanyakan mengurusi orang lain
Semua orang tidak akan suka dekat dengan seseorang yang kerjaannya hanya mengurusi masalah orang lain.

Kalau diatas masih kurang ampuh, lanjut ke bawah :
  • Jujur
Jika anda merasa telah bertemu dengan seorang cewek idaman, tunjukkan bahwa anda adalah pria jujur, sopan, sekaligus charming ... Jika ia ingin sharing, curhat atau sekedar ngobrol, tunjukkan juga kalau anda sangat antusias untuk mendengarkan ceritanya. Setelah itu anda akan merasakan indahnya dikelilingi para cewek.
  • Jangan Banyak Menilai
No Body Perfect. Hal inilah yang kerap dilupakan para cowok (termasuk cewek juga). Usahakan untuk tidak membandingkan seorang cewek dengan cewek lain, bisa-bisa dia malah sebal.
  • Jangan Mengikat
Anda tidak boleh mengikatnya. Beri dia ruang gerak, maksudnya jangan keseringan 'berkeliaran' di sekitar dia. Biarkan si dia menebak dimana anda berada, sedang ngapain dan sama siapa. Asal tahu saja, ketidakhadiran anda itu, justru bisa menumbuhkan rasa penasaran dan kerinduan dalam dirinya.
  • Willing
Saat dia bercerita, tunjukkan kesan bahwa anda tertarik dan antusias mendengarkannya. Tunjukkan pula bahwa anda bersedia mendengarkan keluhan dan curahan hatinya. Entah cerita biasa-biasa saja atau masalah keluarga, pekerjaan, hobi, sampai mimpi-mimpinya. Jangan lupa untuk menanggapi cerita-ceritanya dengan pendapat yang brilian, tanpa terkesan menggurui.
  • Humor
Survei membuktikan 9 dari 10 wanita menyukai cowok yang punya selera humor tinggi. Jadi leontarkan humor2 yg cerdas tapi jangan terlalu keseringan.
  • Tampil menarik 
Tidak perlu penampilan berlebihan, anda cukup memastikan bahwa anda tampil bersih, harum, nafas segar, dan nggak berantakan. Cewek pasti banyak yang melirik.
  • Jangan Terlalu Nafsu 
Saat lagi PDKT, cobalah tahan hasrat dalam diri dan tahan air liur anda. Nelpon? Boleh aja kok, tapi jangan terlalu terlalu sering. SMS or kirim email? Boleh .. tapi jangan ngegombal melulu. Batasi kontak anda dengannya, seperlunya saja. Namun usahakan agar isi pembicaraan cukup bermakna dan membuat dia terpesona.
  • Jual Mahal 
Meskipun yakin si cewek udah jatuh hati pada anda atau bahkan udah ngebet banget, coba pura-pura nggak butuh atau bisa juga berlagak cuek kalau anda sedang di dekatnya. Dijamin dia bakalan penasaran abis.
  • Buat Dia Penasaran 
Bukan rahasia lagi kalo yang namanya cewek itu demen banget dengan segala sesuatu yang bersifat misterius. Maka dari itu di kesempatan pertama, anda tidak usah langsung membuka diri. Beri sedikit informasi tentang siapa sebenarnya anda. Biarkan rasa ingin tahunya tentang diri anda terus tumbuh dan berkembang. Dengan begitu, dia pun akan selalu berharap untuk bisa mengenal anda lebih jauh lagi.
  • Jangan Sok Akrab
Banyak cewek lebih memilih menjadi sahabat ketimbang menjadi kekasih. Alasannya adalah, bila dia merasa hubungan dengan anda sudah kelewat dekat, perasaannya bisa berubah utk lebih enak untuk menjadikan anda teman saja.

Pesan Catatankita.com :
Agar tidak terjadinya asimetri informasi dalam hubungan antar adam dan hawa atau disebut juga JOMBLO adalah kesadaran untuk kembali pada dirinya masing-masing, pemahaman yang utuh serta keterbukaan dan kejujuran agar hubungan tersebut tak bertepuk sebelah tangan. Inilah yang kemudian terucap dari pangeran tian feng atau disebut CUT PAT KAY 
“Sejak dulu beginilah cinta, penderitaannya tiada akhir”, karma terberat adalah karma cinta sepantasnya adalah derita cinta pasti berakhir hingga tidak ada karma demi karma cinta bisa diakhiri. Selamat memulai karma cinta dan mengakhirinya!

catatankita, catatan aku, catatan kamu, untuk kita semua

Jangan Lupa Komentar Anda :