27 Jul 2017

Dimana aku harus mencari uang


oh uang,
yang kucari siang dan malam,
hingga serasa menggantikan Tuhan di hati dan pikiran,
kau bisa beranak dan diperanakkan tapi kenapa kau bisa dijadikan tuhan,

oh uang,
kenapa kau ada di bank,
kau menjadi hutang lalu kau tagih dengan hitungan komputer tanpa mempedulikan rasa kemanusiaan,
kenapa kau menjadi ukuran kekayaan dan kemiskinan,
kau berbunga tapi tak harum dan rupawan
kau bisa dijadikan dagangan dan menjadi harapan menimbun keuntungan,

aku hanya butuh makan,
kalau kata anak jaman sekarang yang kubutuhkan adalah sandang pangan dan casan (charger),
tapi kenapa tanpamu aku tak bisa sarapan, dan mengenyam pendidikan.

Dimana aku harus mencari uang?
Kalau kata Bang Iwan dalam lirik lagunya: penguasa penguasa berilah hambamu uang,
ah siapa pula penguasa, presiden saja tak punya kuasa mencetak uang,
lagi-lagi bank yang kuasa mencetak uang,
tapi bank mencetak untuk angka-angka dan atas nama undang-undang, bukan untuk manusia yang kelaparan,

oh pasti yang dimaksud penguasa adalah Tuhan,
jadi aku cari saja manusia yang menghamba pada Tuhan agar bisa mencetak uang

catatankita, catatan aku, catatan kamu, untuk kita semua

Jangan Lupa Komentar Anda :